Categories: Kaca Patri

Pembuatan Dan Bahan Kaca Patri

Bahan kaca patri yang sering digunakan seperti:

1) Kaca

Agar stained glass menghasilkan efek cahaya seperti yang diharapkan, maka tekstur kaca yang digunakan harus beragam, mulai tekstur  wavy (bergelombang), rippled  (riak),  pebbled (koral),  smooth (licin),  hammered (tempaan), dan rough (tekstur kasar).

2) Tenol

Tenol adalah lempengan timah yang dipergunakan untuk mengikat potongan-potongan kaca, kemudian direkatkan dengan solder.

Alat yang Diperlukan

Alat yang diperlukan dalam proses pengerjaan adalah: Solder untuk merekatkan lempengan timah pengikat kaca, pemotong kaca, palu, tang, scrap, ungkal batu, sikat kuningan, terminal, plepet kayu , penggaris, paku kecil.

Proses Pembuatan

Untuk menciptakan pola stained glass, pertama-tama pola harus digambar pada kertas, setelah itu dilakukan pemotongan pada kaca sesuai dengan pola. Setiap piece pada pola dipotong dari kaca dasar, disesuaikan dengan kerangka pola warnanya, tekstur, dan lain-lain. Kaca yang potongannya disesuaikan secara tepat sesuai pola dapat merefleksikan suatu karakteristik tersendiri. Potongan-potongan kaca akan disatukan dengan tenol timah dan direkatkan dengan solder.

Facebook Comments

Top