Categories: Kaca Dekoratif

Kaca Bevel

Kaca Bevel sebagai Bahan Kaca Patri

Kaca patri yang banyak dimanfaatkan adalah kaca dengan ketebalan antara 3-5 mm. Sementara elemen timah sebagai pendukungnya berukuran standar 2-6 mm untuk ketebalannya. Selain berfungsi merangkaikan dan merekatkan potongan-potongan kaca, elemen timah berfungsi sebagai bagian dari desain kaca patri secara keseluruhan. Timah membentuk tepi atau kontur yang nyata di sekeliling tiap potongan kaca yang dapat menambah atau mengurangi keindahan karya yang telah selesai.

Ragam bahan kaca patri yang biasa digunakan oleh para pengrajin kaca patri atau pengusaha kaca patri bervariasi antara lain sebagai berikut:

Kaca Bevel

Kaca bevel memiliki karakter khusus yaitu berbentuk potongan-potongan kaca yang setiap sisinya sengaja dibuat miring. Kemiringan pada setiap sisi potongan kaca bevel ini dibentuk dengan mesin khusus yang dapat membiaskan cahaya atau sinar yang jatuh pada permukaannya menjadi warna pelangi yang indah. Kaca bevel ini banyak diminati dan sering diaplikasikan sebagai panel pintu dan jendela maupun pelengkap furniture seperti kaca cermin, lemari, perabot dan lain-lain.

Kaca Clear

Sesuai dengan namanya kaca clear berarti kaca bening atau bersih dan tidak berwarna. Kaca ini banyak digunakan untuk desain yang sifatnya elegan dan ekslusif.

Kaca Warna

Di pasaran banyak dijumpai kaca warna dengan berbagai warna dan motif. Dari segi kualitas, kaca warna lebih baik dibandingkan kaca clear. Selain tiu kaca ini berwarna cemerlang sehingga harganya pun mahal. Contoh dari kaca ini adalah kaca antik, kaca katedral, kaca opalescent dan lain-lain.

Kaca Sandblast

Kaca sandblast atau kaca buram berbentuk unik. Permukaanya tampak doff atau blur karena proses pembuatannya disemprot menggunakan pasir kaca.

Kaca Diamond

Kaca jenis ini memiliki karakter permukaan yang halus dan multisegi serta terdiri dari beragam bentuk, warna dan ukuran.

Kaca Nuggets

Kaca nuggets ini juga disebut kaca kancing karena bentuknya yang mungil seperti kancing baju. Selain itu bentuknya seperti gumpalan kaca yang bundar halus dan cembung dengan dengan dasar kaca yang rata. Kaca jenis ini dalam segi ukuran dan bentuk lebih fleksibel dibanding jenis kaca diamond.

Top