Categories: Kaca Patri

kaca-patri-gereja

Perkembangan Kaca Patri Gereja

Desain kaca patri gereja kini sudah mengalami perkembangan yang modern. Walaupun tidak menghilangkan unsur keagamaannya, namun tetap mengikuti perkembangan zaman. Desain tersebut bisa dibuat tergantung dengan tema dan karakter bentuk dan arsitektur gereja tersebut. Ada bermacam-macam pilihan pada kaca patri tersebut. Beberapa macam motif dan desain kaca patri tersebut misalnya gambar Bunda Maria, burung merpati, dan juga penginjil atau alkitab. Banyak sekali pilihan yang beragam. Dan pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan karakteristik dari gereja tersebut.

Kaca patri gereja memang selalu memiliki perkembangan seiring dengan perkembangan zamannya. Menurut sejarah yang ada, kaca patri berasal dari seni yang muncul dari Eropa. Seni kaca patri tersebut juga merupakan ornamen arsitektur yang dibuat dari zaman dahulu. Yang kini sudah mengalami model dan desain yang berkembang. Pada pertengahan abad ke 12 di masa lampau, banyak gereja yang menggunakan kaca patri untuk hiasan di rumah ibadah tersebut. Dengan mengambil gambar-gambar yang berhubungan dengan keagamaan. Sehingga seni arsitektur tersebut tetap terlihat indah dan seimbang dengan tujuan keagamaan. Dan tidak menghilangkan prinsip keagamaannya.

Dan kaca patri itu memiliki puncak kejayaan pada masa zaman gotik. Karena keindahan seninya yang sangat menarik. Sehingga rumah ibadah tersebut bisa tetap terlihat indah. Namun sebenarnya sebelum abad ke 12 tersebut, seni warna pada kaca sudah mulai digunakan oleh para orang mesir kuno dan Mesopotamia pada zaman sebelum masehi. Dan setelah itu, perkembangannya semakin terlihat sampai zaman Romawi.

Pembuatan kaca patri tersebut semakin lama semakin menjadi seni yang mengagumkan. Motif dan desainnya juga bisa disesuaikan dengan arsitektur bangunan gereja pada zamannya. Atau sesuai dengan keinginan pemesan. Karena para desainer kaca patri tersebut selalu mengutamakan desain yang indah dan menimbulkan kedamaian yang abadi. Kesan religius yang khusyuk juga menjadi hal yang utama dalam membuat kaca patri tersebut. Sehingga seni kaca patri ini tidak pernah pudar dan akan selalu ada dari zaman ke zaman.

Top