Categories: Kaca Patri

kaca-patri-jakarta

Pesona Kaca Patri Jakarta

Unik, antik dan indah ketiga hal itulah tampaknya yang membuat banyak orang terpikat pada Kaca Patri Jakarta. Tahukah Anda, Di Jakarta kaca patri sudah digemari sejak dahulu kala. Jendela atau pintu bangunan-bangunan kuno kerap tampil berhiaskan kaca patri malah saat ini kaca patri pun banyak digunakan sebagai penyekat ruangan atau partisi.

Kemampuannnya untuk membuat warna-warna menjadi lebih cemerlang barangkali membuat kaca warna ini digemari, dilupakan dan digemari lagi. Sebenarnya kaca warna tidak dibatasi oleh suatu gaya arsitektur apapun karena pola dan gambarnya bisa beradaptasi dengan gaya apa pun, apakah Art-Nouveau yang penuh dengan garis lengkung dan cocok untuk gaya rumah klasik atau mengadopsi gaya Art-Deco untuk rumah dengan gaya yang sama.

Bahkan gambar suatu panel kaca warna bisa menyimulasi gaya lukisan Piet Mondriaan yang bermain dalam komposisi segi empat warna-warni untuk rumah gaya minimalis yang sedang trend saat ini. Pada dasarnya, apapun gaya rumah selalu bisa dihiasi dengan kaca warna. Jadi sebenarnya penggunaan kaca warna tidak perlu mengalami pasang surut selama teknologi pembuatan kaca berkembang seiring munculnya gaya rumah baru.

Secara umum, kaca patri berfungsi sebagai pelengkap dan penambah keindahan eksterior dan interior bangunan atau ruangan. Di Indonesia terutama di Jakarta, banyak bangunan gedung seperti tempat-tempat ibadah, perkantoran, cafe, restoran, hotel, hingga rumah tinggal dihiasi dengan Kaca Patri Jakarta. Dari situ dapat dilihat bahwa pada dasarnya fungsi kaca patri tidak lepas dari fungsi eksterior dan interior suatu bangunan. Oleh karena itu penempatannya ditujukan untuk memancing pandangan orang terhadap bangunan tersebut secara keseluruhan.

Untuk memenuhi keinginan tersebut, kaca patri sebaiknya dipasang pada tempat yang memperoleh banyak sinar matahari dan mudah dilihat. Namun karena membutuhkan perawatan khusus, penempatannya diusahakan pada tempat yang mudah dibersihkan. Sebagai contoh, kaca patri yang dipasang pada pintu dan jendela (area akan memasuki suatu bangunan), otomatis pandangan mata akan tertuju pada desain kaca patri yang menjadi bagian dari area tersebut.

Walaupun sempat terjadi penurunan karena kondisi ekonomi di Indonesia, kegairahan untuk memperkuat estetika ruangan di kalangan tertentu rupanya sedang bangkit kembali. Kegairahan itu ditandai dengan munculnya berbagai usaha untuk meningkatkan nilai estetis ruangan dengan memadukan unsur-unsur etnis dan elemen ornamen lainnya untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman kepada penghuninya.

Top