Categories: Kaca Patri

kerajinan-kaca-patri

Sekilas Mengenai Kerajinan Kaca Patri

Kerajinan Kaca Patri dapat dikategorikan sebagai salah satu kerajinan yang membutuhkan tingkat ketekunan tinggi karena dalam pembuatannya, kerajinan ini membutuhkan teknik dan cara yang memaksa para perajinnya untuk benar-benar berhati-hati dan tekun agar mendapatkan hasil terbaik.

Kini cukup mudah bagi kita untuk mendapatkan bengkel maupun toko yang membuat kerajinan semacam ini yang bisa kita pesan sesuai dengan keinginan dan desain yang kita maui. Tentunya, kaca patri yang Anda pilih tidak hanya berupa kaca besar yang umumnya digunakan di plafond dan dinding bangunan, tetapi Anda dapat menggunakan sebagai jendela, penyekat ruangan, hiasan interior bahkan kap lampu unik dan cantik hasil dari kerajinan ini.

Sejarah Singkat Kerajinan Kaca Patri

Jika dilihat dari segi sejarah, sebenarnya sejak millenium ke tiga sebelum Masehi, Mesopotamia dan Mesir sudah mengenal teknik pewarnaan kaca. Selanjutnya teknik ini berkembang hingga ke jaman kerajaan Romawi.  Belakangan, teknik dan kerajinan ini banyak dikembangkan oleh orang Eropa sebagai salah satu ornamen arsitektur yang banyak mereka gunakan untuk gedung-gedung terutama bagian jendela. Pada pertengahan abad 12 atau yang biasa dikenal sebagai jaman Gotik, kerajinan ini berada di tingkat popularitasnya yang tertinggi dimana kaca patri warna banyak digunakan untk mendekorasi jendela-jendela terutama untuk bangunan-bangunan gereja.

Jika berkunjung ke Eropa, hasil kerajinan ini masih dapat kita lihat dan saksikan sendiri denga mengunjungi beberapa lokasi tempat ibadah – dalam hal ini gereja yang masih berdiri dan merupakan peninggalan jaman tersebut. Bahkan kita akan dibuat terpesona dengan keindahan yang dihasilkan dari seni kerajinan kaca patri yang diperlihatkan oleh para pengrajin pada jaman dahulu tersebut. Ornamen yang cantik, indah sekaligus mewah dan elegan tetapi juga sangat religius terpampang di depan mata dengan anggunnya.

Di Indonesia, pada jaman pemerintah penjajahan Belanda kaca patri merupakan barang yang sangat langka dan harganya pun selangit. Tetapi beruntung karena kini Anda dapat menikmati hasil dari kerajinan ini untuk mempercantik rumah Anda dengan harga yang relatif terjangkau. Bahkan peluang untuk mengembangkan kerajinan kaca patri ini masih terbuka lebar.

Top