Categories: Aluminium

Kusen Aluminium Bandung

Kusen Aluminium Bandung Dalam Konstruksi Bangunan

Dalam bidang teknik konstruksi bangunan dewasa ini aluminium telah banyak digunakan sebagai bahan konstruksi khususnya untuk bangunan gedung. Kini di pasaran banyak tersedia bahan kusen aluminium Bandung dalam berbagai macam bentuk profil. Pabrik aluminium seperti PT. YKK Alumico Indonesia dan PT. Alexindo telah  memproduksi berbagai macam bentuk bahan konstruksi dari aluminium.

Kusen dari bahan logam berbeda dari kayu, kusen logam tidak terpengaruh bila basah, kusen logam ini tidak memiliki kehangatan dalam penampilan dan memberikan daya tahan yang kecil terhadap perpindahan panas. Kusen logam dapat terbuat dari alumunium, baja atau baja tak berkarat (stainless-steel), warna alami logam dapat ditutup dengan lapisan cat dan dirawat dengan baik untuk mencegah korosi.

Bahan konstruksi bangunan gedung dari aluminium tersebut antara lain :

  • berbentuk batangan dengan berbagai macam profil penampang. Setiap batangnya tersedia dengan panjang 6 meter, bentuk dan ukuran profil sangat bervariasi secuai dengan kegunaannya dalam konstruksi antara lain ; profil-profil batang untuk kusen, profil-profil batang untuk rangka daun pintu, untuk konstruksi kusen dan daun jendela, untuk tiang/rangka dinding partisi (penyekat ruang), untuk Rolling Door, untuk Folding Gate dan sebagainya.
  • Berbentuk pita/pelat tipis dengan lebar tertentu (misal ±30 mm) tersedia dalam bentuk gulungan (rol), biasanya untuk bahan awning dan krei.
  • Bentuk-bentuk profil khusus seperti Handle daun pintu dan profil-profil khusus lainnya.

Berikut ini disajikan contoh-contoh bentuk profil penampang batang aluminium untuk kusen, daun pintu dan jendela yang secara umum digunakan dalam konstruksi bangunan gedung yang kini telah banyak dijual  di toko-toko aluminium :

Kusen Alumunium Bandung

Alat Konstruksi Aluminium

Untuk mengerjakan suatu konstruksi aluminium diperlukan pengetahuan tentang alat sambung dan cara menyambung. Dalam pekerjaan konstruksi kusen aluminium Bandung untuk bangunan gedung seperti kusen, daun pintu/jendela dan sebagainya pada umumnya menggunakan alat sambung berupa  paku keling rivet atau baut sekerup.

Untuk hubungan konstruksi aluminium dengan dinding tembok atau beton maka diperlukan fiser dari bahan plastik yang ditanam dalam tembok atau beton. Fiser ditanam setelah bidang tembok atau beton dilubangi dengan bor beton. Setelah fiser ditanam maka konstruksi aluminium dapat ditempelkan dengan cara disekerupkan pada fiser tersebut.

Paku keling rivet terdapat dalam beberapa macam ukuran diameter, panjang paku juga terdapat beberapa macam. Namun yang banyak digunakan adalah paku keling rivet dengan  diameter 3 mm panjang 10 mm. Untuk pemasangan engsel-engsel pintu maka digunakan diameter yang lebih besar.

Sedangkan diameter tangkai rivet juga terdapat dalam beberapa ukuran tergantung diameter paku kelingnya, contoh untuk paku keling  diameter 3 m tangkai rivetnya berdiameter 1½ mm, sedang untuk paku keling  diameter 5 mm tangkai rivetnya  berdiameter 2 mm.

Pada ujung tangkai rivet terdapat kepala yang berfungsi sebagai penekan paku keling pada saat pengelingan rivet berlangsung, sedangkan ujung tangkai lainnya sepanjang  ±30 mm dimasukkan ke dalam alat rivet untuk dijepit dan ditarik sehingga kepala tangkai menekan paku keling dilakukan berulang-ulang hingga tangkai putus di bagian leher dan ujung paku membengkak dan mengancing sambungan dengan kuat.

Top