Categories: Kaca Patri

kaca-patri-kaligrafi

Seni Kaca Patri Kaligrafi

Seni huruf Arab yang diterapkan pada sebuah kaca di sebuah masjid atau tempat peribadatan sudah menjadi seni yang banyak digunakan di hampir setiap masjid. Dan bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat. Seni kaca patri tersebut sudah ada sejak zaman dahulu sehingga bukan lagi hal yang baru termasuk di negara Indonesia. Bahkan di Indonesia, kaca patri kaligrafi tersebut sudah dijadikan bagian dari budaya. Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Dan dengan banyaknya pembangunan masjid yang ada, maka seni kaca patri tersebut dibuat seunik mungkin juga dengan keindahan yang mendalam. Tapi tetap mengutamakan tujuan beribadah. Sehingga keindahan tersebut bisa seimbang dengan suasana beribadah kepada Tuhan.

Setiap orang yang mencintai seni keindahan dan juga kecintaan kepada agama maka bisa dituangkan kepada seni kaca patri tersebut. Kedua hal tersebut menjadi perpaduan yang sangat bagus dan menarik. Kerajinan kaca patri tersebut juga semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman yang modern dan juga bisa dibuat sesuai keinginan pemesan. Jika anda ingin mencoba memesan kaca patri kaligrafi tersebut anda bisa memilih kalimat-kalimat Arab yang bermakna dan mudah diingat. Sehingga setiap orang yang beribadah di masjid tersebut bisa ikut merasakan maknanya. Tidak setiap orang bisa menulis arab dengan baik, namun seni kaca patri ini bisa dilihat nilai seninya yang indah. Kaca patri tersebut tidak hanya digunakan di masjid atau tempat-tempat ibadah tertentu. Tapi anda bisa memasangnya di kaca rumah anda. Jika anda tipe orang yang menyukai keindahan dalam agama Islam, dan ingin menuangkannya ke dalam seni arsitektur tersebut maka anda bisa membuat kaca patri di dalam rumah anda sendiri.

Kaca patri kaligrafi di sebuah hunian atau rumah tersebut bisa menjadi suatu identitas dari pemilik rumah tersebut. Identitas yang jelas bahwa pemilik rumah beragama muslim. Kecintaannya pada huruf Arab dan agamanya dipadukan menjadi seni yang indah dan menarik. Keindahannya menimbulkan sensasi tersendiri bagi si pemilik rumah. Atau juga bagi tamu yang berkunjung ke rumah. Jika Anda menyukai dakwah, Anda juga bisa berdakwah lewat seni kaligrafi tersebut. Berdakwah lewat kalimat-kalimat Arab yang bermakna islam dan kecintaan terhadap agama. Anda harus memerhatikan lokasi dan letak penempatannya untuk menghormati dan menghargai agama dan huruf Arab tersebut.

Top