Categories: Kaca Patri

membuat-kaca-patri

Alat untuk Membuat Kaca Patri

Seperti pengerjaan kerajinan lain, penggunaan alat dan bahan yang tepat juga akan memberikan hasil terbaik pada saat membuat kaca patri. Berikut ini beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan motif kaca patri.

Pemotong Kaca

Ada berbagai jenis pemotong kaca yang tersedia di pasar. Dalam beberapa tahun terakhir banyak produsen yang memperkenalkan rancangan pemotong canggih. Berikut ini beberapa diantaranya pemotong roda baja standar, pemotong roda karbit standar dan pemotong roda karbit melumas sendiri.

Penjepit (Piler), Tang Pemotong dan Penggaris Kayu Panjang

Penjepit dapat dibuat dari tang yang dilapisi karet potongan selang air pada bagian penjepitnya. Tang potong digunakan sebagai alat bantu saat mematahkan kaca yang telah di-scoring. Penggaris kayu digunakan saat membuat pola dan membuat score yang lurus. Panjang penggaris yang ideal adalah sekitar 12-24 inchi.

Besi Solder dan Aksesori

Besi solder yang baik sangat penting untuk menghasilkan kerajinan kaca patri yang baik. Ada berbagai jenis dan model yang tersedia, yang harus dipertimbangkan ketika membeli solder:

  • Solder harus memiliki daya antara 80 watt hingga 100 watt.
  • Solder harus ringan karena dipegang untuk periode waktu yang lama.
  • Solder harus memilki ujung pahat baja berukuran 1 cm dan sebaiknya dapat diganti-ganti.

Pisau Timah dan Pisau Utility (Cutter)

Pisau timah adalah pilihan para profesional untuk memotong timah. Ada beberapa jenis dengan harga yang beragam, tergantung kualitasnya. Pisau yang harganya agak murah akan terlihat sama tetapi ketajamannya tidak akan bertahan lama. Pisau utility (cutter) disebut juga karpet atau pisau matte. Alat ini dapat digunakan untuk memotong pola.

Paku Sepatu Kuda

Paku sepatu datar pada kedua sisinya dan digunakan untuk menahan potongan kaca saat mengerjakan motif yang akan dibuat.

Palu

Palu digunakan untuk mendorong paku sepatu kuda ke permukaan kerjanya serta membantu menempatkan dan mengencangkan kaca dalam channel timah.

Sikat Kawat Kecil

Sikat kawat ini berukuran sebesar sikat gigi dan digunakan untuk membersihkan noda sambungan timah sebelum penyolderan.

Ujung Jangka

Ketika membuat sebuah goresan lurus, menggunakan ujung jangka sebagai penuntun alat potong. Untuk mencegah agar ujung jangka tidak tidak tergelincir ketika mengores kaca, digunakan perekat untuk mengembalikannya. Sebuah lapisan silikon penyegel atau lakban juga akan mengurangi kemungkinan tergelincir.

Pengungkit Plastik

Pengungkit plastik digunakan untuk menyisipkan kaca ke dalam timah waktu proses perangkaian. Alat ini dapat dibuat sendiri dari bahan plastik. Biasanya dari bahan bekas sikat gigi yang ujungnya diruncingkan atau dipipihkan.

Alat Gambar

Alat ini digunakan untuk membuat sebuah gambar yang akurat , hal ini penting bagi sebuah motif dengan hasil baik. Berikut ini sejumlah alat gambar dasar yang diperlukan seperti papan multipleks, kertas karbon, mistar (50cm-100cm), kertas karton untuk pola, pensil dan penghapus, kertas gambar.

Alat Keamanan

Kerajinan kaca patri adalah hobi yang relatif aman jika dikerjakan dengan memperhatikan peringatan yang ada. Berikut ini adalah alat-alat yang harus digunakan demi keamanan ketika bekerja seperti kaca mata pengaman, sikat bangku, plester (lakban), ventilasi.

Spidol untuk Kaca

Pena yang digunakan adalah tinta dengan ujung yang halus (tidak larut dalam air). Fungsinya untuk menandai seputar pola di atas gelas. Jika menggunakan pena tinta yang larut dalam air maka tanda yang dihasilkan dapat terhapus secara tidak sengaja.

Peralatan Grinding (Gerinda)

Seberapapun keahlian seseorang dalam memotong kaca maka tetap akan merasa perlu untuk menumpulkan bagian-bagian kecil kaca agar terpasang dengan baik, untuk itulah diperlukan gerinda.

Top