Categories: Kaca Patri

model-kaca-patri

Perkembangan Model Kaca Patri

Kaca patri di Indonesia sudah ada sejak tahun 1900, bahkan mungkin sebelumnya. Tepatnya sejak masa kolonial, saat bangsa Eropa menyebarkan agama kristen. Kaca patri masuk Indonesia melalui arsitektur gereja yang kebanyakan dibuat di luar negeri. Namun beberapa model kaca patri sederhana dibuat di Indonesia dengan bahan yang terbatas. Selanjutnya seni kaca patri marak kembali sejak tahun 1980 karena pesatnya perkembangan arsitektur yang terjadi di Indonesia.

Selama beberapa tahun terakhir industri kaca patri di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yagn sangat pesat. Lampu dan jendela kaca patri muncul di mana-mana, baik di restoran, hotel, kantor maupun rumah. Sebagian diantaranya dibuat oleh perusahaan- perusahaan besar tetapi banyak pula yang hanya dibuat oleh pengrajin industri kecil.

Sejarah Kaca Patri

Asal mula kaca patri tidak diketahui dengan jelas. Secara umum, kaca patri digunakan untuk kepentingan religius. Saat itu dipercaya bahwa cahaya yang dipancarkan melalui jendela-jendelanya merupakan cahaya spiritual dari surga.

Selama abad ke-17 dan abad ke-18 seni kaca patri mengalami perode penghancuran. Minat pada seni kaca patri ini muncul kembali di Eropa pada awal abad ke-19. Pertengahan tahun 1800, para pembuat kaca mulai memproduksi kaca antik. Sementara itu banyak bengkel kaca di Amerika Serikat yang mulai bereksperimen memproduksi jenis-jenis kaca berwarna baru, diantaranya John La Fager dan Louis Comfort Tiffany yang mengembangkan dan memproduksi kaca opalescent (opal). Lampu dan jendela yang diproduksi oleh L.C. Tiffany Company dan sejumlah perusahaan lain semakin meningkatkan popularitas kaca patri untuk menghadirkan keindahan rumah, kantor dan gedung-gedung publik.

Top