Categories: Kaca Patri

motif-kaca-patri

Tips Membuat Motif Kaca Patri

Tugas pertama dalam membangun sebuah motif kaca patri yaitu memperoleh rancangan yang sempurna hingga ukurannya penuh. Melalui berbagai buku dan pola yang tersedia mencari motif kaca patri yang cocok adalah pekerjaan yang mudah atau bisa juga dengan menciptakan pola sendiri.

Pembuatan Pola

Ketika membuat pola dibutuhkan beberapa bahan atau lat seperti pensil, penggaris, dua lembar karbon, satu lembar kertas gambar dan satu lembar kartu pola.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Tempatkan lembaran kartu pola diatas meja kerja, lalu tempatkan satu lembar kertas karbon diatasnya. Letakkan lembar kertas gambar dan lembar kertas karbon lain. Akhirnya tempatkan gambar ukuran penuh di atas semuanya. Ketika semua sudut erat diatas meja kerja (lekatkan dengan pin), jejaki gambar dengan pensil tajam dan penggaris jika memungkinkan. Tekan kuat-kuat dan tetap di atas garis. Kita sedang membuat tiga salinan.
  • Setelah selesai penjejakan, setiap potong harus diberi angka. Cara terbaik untuk menjaga jalur potongan pola yaitu dengan menandainya sesuai dengan pilihan warna kita. Catat informasi warna ini pada bagian luar pinggiran gambar. Sebagai contoh tandai arah yang ingin kita jadikan lintasan kaca dengan tanda panah. Angka sudut dasar untuk memastikan bahwa kita telah menjejaki dan memberikan angka pada semua potongan.
  • Lepaskan gabungan pola dan simpan salinannya, kecuali salinan dasar yang telah dijejaki pada kartu pola. Saat ini kita harus mempertimbangkan metode konstruksi untuk menentukan bagaimana pola penggalan akan dipotong. Jika motif ini adalah untuk timah patri maka strip berukuran 1 mm dari kertas harus dipotong di antara penggalan pola untuk menyediakan ruang pada penggalan kaca untuk inti timah. Cara yang paling mudah untuk merampungkan bagian ini yaitu menggunakan gunting khusus atau pisau dua mata. Potong pola melewati pertengahan jalur lalu keluarkan.

Top